Masalah Smadav

Beberapa bulan yang lalu saya meng-install antivirus Smadav Smart-Protection yang berasal dari negara kebanggaan saya, Indonesia. Saya begitu kagum karena Indonesia dapat membuat anivirus lokal. Andai juga bisa membuat yang interlokal, huuft. Tetapi disini, si pembuat antivirus ini begitu menonjolkan kalau produk ini buatan Indonesia. Dapat dilihat saat kita mengaktivkan Smadav Smart-Protection, maka akan muncul tulisan “Made in Indonesia” di sebelah kiri. Bagi saya itu cukup mengganggu. Padahal antivirus yang sudah mendunia seperti ESET Smart Security tidak mencantumkan negara asalnya.

Kekurangan yang saya rasakan terhadap produk ini bukan berarti antivirus ini gagal atau tidak layak dipakai. Walaupun bagi beberapa orang sudah cukup baik.

Beberapa alasan saya kurang suka dengan produk ini yakni,

1. Terlalu “Sensitif” Terhadap Segala yang Masuk ke PC (yang Tidak Termasuk Virus Dianggap Virus).

Begini, ketika kita memasukkan Flashdisk ke dalam PC, maka Smadav akan mengeluarkan kata-kata “Tidak Ada Virus Terdeteksi. Flashdisk xxx(X:) BERSIH” di sebelah pojok kanan bawah. Munculnya kata-kata itu cukup mengganggu karena bersifat semacam “permanen”. Tidak seperti milik ESET yang bersifat semacam “transparan” dan berbentuk unik serta familiar. Kembali ke masalah. Kata-kata itu belum tentu benar. Ketika saya melihat kata-kata itu, jujur saya kurang yakin. Jadi saya memutuskan untuk men-scan dengan antivirus lain. Ternyata terdapat virus. Itu membuat saya atau anda yang juga merasakan sedikit muak.

2. Tidak Ter-install di PC dan Tidak Bisa dihilangkan dari PC.

Ketika kita meng-install Smadav, ternyata tidak ter-install tetapi terpasang di PC kita. Tidak tahu masuknya kemana. Mungkin ini tidak mengganggu bagi yang ingin Smadav terpasang di PC kita. Tetapi bagi yang ingin menghilangkan atau mengganti Smadav dengan antivirus lain. Ketika membuka Add or Remove Programs tidak terdapat tulisan “Smadav”. Hal ini sangatlah meresahkan. Sampai sekarang saya belum menemukan cara untuk menghilangkan antivirus ini dari PC saya. Dan saya masih mencari bagaimana solusi dari hal tersebut.

Well, itulah pendapat saya tentang Smadav Smart-Protection. Jika anda tidak setuju dengan saya, mohon maaf. Ini pendapat murni saya. Sekian.


  1. masalah nomor 1 tentang tidak terdeteksinya firus itu mungkin bisa diatasi dgn cara mengupload virus itu ke smadav dan akan ditambahkan virus2 yang mungkin belum terdeteksi pada smadav versi sebelumnya

  2. kalo mau di me Remove smadav klik kanan pada smadav di situkan ada tulisan unistall klik unistall itu uda deh di hapus

  3. @siTOMO alias hanung: itu kan repot, mas. nggak seperti antivirus yang lain.

  4. ha ha ha
    smadav???
    mending avira security suite 2010
    nek pengen etok lisensi 4 bulan gratis(legal)
    -daftar n login di https://license.avira.com/en/license.html?id=ZsD8000002

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar